Powered by Blogger.

Sunday 22 June 2014

Filled Under:

Pendapat Mengenai Keberagaman Budaya Bangsa

Share
Pendapat Mengenai Keberanekaragaman Budaya Bangsa


Pendahuluan
Indonesia adalah bangsa dengan beragam budaya dan beragam suku bangsa. Hal tersebut didukung dengan pernyataan Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dan negara pemilik bahasa terbanyak nomor dua di dunia. Ada beragam suku, bahasa, ras, dan agama tersebar di penjuru negeri. Dari Sabang sampai Merauke. Dari Pulau Miangas hingga Pulau Rote. Berjuta keberanekaragaman budaya tertata dalam suatu persamaan hak dan kewajiban antarindividu.

Identifikasi Masalah
Namun, Bangsa Indonesia patut berprihatin. Berbagai macam pertikaian antar suku, agama, dan ras belakangan ini telah membuat resah masyarakat Indonesia. Sebut saja, kerusuhan antar warga Lampung dan Bali di desa Balinuraga, Provinsi Lampung beberapa waktu yang lalu. Lalu yang baru-baru ini adalah Penyerangan Umat Katholik di Sleman, Yogyakarta.

Pendapat Pribadi
        Menyadari akan banyaknya tindak pertikaian yang terjadi di lingkungan kita. Seharusnya kita merasa berduka cita atas lunturnya nilai-nilai dan moral-moral dari ke lima penyangga negeri kita, Pancasila. Terutama Sila Ketiga Pancasila, yaitu :
... “Persatuan Indonesia” ...
Akhir-akhir ini, Indonesia seakan terpecah belah akibat lunturnya pengamalan dari sila tersebut. Seakan diabaikan.

          Menyadari negeri kita tercinta, Indonesia sebagai negara yang dianugerahkan Tuhan Yang Maha Esa dengan berbagai macam budaya. Mencintai Indonesia bukan berarti kita hanya mencintai budaya kita sendiri namun mencintai semua yang terdapat di Indonesia. Budaya dari ketigapuluh empat provinsi.

          Menurut Saya, Memiliki budaya yang beragam dan berbeda bukan hanya untuk dibanggakan. Budaya yang beragam sudah menjadi tugas kita untuk melestarikannya. Walaupun Pendapat Saya, keberanekaragaman budaya yang ada pada bangsa kita ada kekurangannya juga. Masyarakat akan bekerja dalam kelompok-kelompok, ras atau golongan tertentu. Padahal, suatu masalah akan lebih mudah jika dibicarakan dengan berserikat/berorganisasi. Kekurangan yang lain juga mendasar pada faktor dari luar, Seperti negara-negara luar yang sering mengompori dan menjadi pelopor perpecahan di Indonesia. Seperti negara Malaysia yang pernah mencantumkan beberapa budaya Indonesia seperti beberapa budaya yang berasal dari Batak dan Melayu sebagai budaya mereka. Padahal, tindak yang mereka lakukan tidak salah. Karena, orang Batak dan Melayu terdapat juga di Malaysia. Lalu jangan lupakan, Pulau Papua yang hampir lepas karena pengaruh dari negara luar termasuk Amerika Serikat.

          Keberanekaragaman seharusnya bukan diartikan sebagai perbedaan, seharusnya diartikan sebagai “Kesatuan” sehingga keberanekaragaman diterjemahkan menjadi “Kesatuan Budaya” bukan “Perbedaan Budaya”. Namun, hal tersebut tidak akan terwujud, jika kita masih memandang perbedaan budaya, agama dan ras sebagai batas/sekat untuk kita bersatu. Ingat dahulu, pada Pancasila Sila Pertama “Ketuhanan Yang Maha Esa dengan Kewajiban Menjalankan Syariat Islam bagi Pemeluk-pemeluknya.”. Sila yang bercetak miring akhirnya dihapuskan oleh para perumus, karena dianggap akan membawa dampak yang buruk bagi kesatuan negara. Itulah salah satu bukti “nyata” pengorbanan demi negara bukan demi kelompok atau golongan. Hal itu dibuktikan dengan adanya 4 (empat) agama yang ada saat itu, Islam, Katolik, Kristen Protestan, Hindu dan Buddha. Sebelum masuknya agama Kong Hu Chu yang dibawa warga Tiongkok sebagai agama resmi ke 6 pada zaman pemerintahan Abdurrahman Wahid. Pengakuan oleh Presiden tersebut membuktikan sistem pemerintahan yang dianut oleh negara kita yaitu “Demokrasi”, dengan adanya Kebebasan Beragama.
         
Kesimpulan      
        Keberanekaragaman budaya Indonesia dapat kita manfaatkan sebagai ajang pemersatu bangsa. Pancasila adalah salah satu penyangga Indonesia dalam keberanekaragaman budaya tersebut, namun nilai-nilai yang sudah tertanam sejak dulu. Kini mulai memudar seiring berkembangnya zaman. Berkembangnya budaya-budaya yang telah menyesuaikan.

Penutup
        Marilah kita sebaga generasi penerus bangsa, kita harus mampu mempertahankan budaya dan kerukunan dan persatuan negara. Jangan sampai nilai-nilai moral yang terdapat dalam Pancasila semakin lama akan menghilang. Budaya ada bukan untuk dibanggakan namun untuk dilestarikan. Namun, Jangan sampai budaya ketimuran yang cenderung konservatif akan berkembang menjadi budaya barat yang terlalu “liberal”. Marilah mulai dari sekarang, kita buka pikiran kita untuk menerima ‘perbedaan’ itu dan setidaknya menghargainya. Karena budaya adalah kegiatan yang sudah dilakukan sejak jaman dahulu oleh nenek moyang. Artinya, budaya adalah warisan dunia bangsa Indonesia.


Yuuk, Kita lestarikan keberanekaragaman budaya Indonesia. Ingat jangan jadikan perbedaan namun jadikan sebuah kesatuan. Mari kita mulai dari diri kita sendiri, kalau bukan kita yang melestarikan, Siapa Lagi?

5 comments:

  1. apa alasannya pancasila sebagai dasar budaya indonesia ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

      Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

      Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

      Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

      Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

      Delete



  2. Saya selalu berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan peminjam yang meminjamkan uang tanpa membayar terlebih dahulu.

    Jika Anda mencari pinjaman, perusahaan ini adalah semua yang Anda butuhkan. setiap perusahaan yang meminta Anda untuk biaya pendaftaran lari dari mereka.

    saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah SUZAN INVESTMENT COMPANY. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir Rp35 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Pembayaran yang fleksibel,
    Suku bunga rendah,
    Layanan berkualitas,
    Komisi Tinggi jika Anda memperkenalkan pelanggan

    Hubungi perusahaan: (Suzaninvestment@gmail.com)

    Email pribadi saya: (Ammisha1213@gmail.com)

    ReplyDelete
  3. Selamat Datang di Perusahaan Pinjaman Rossa Stanley

    Hubungi perusahaan pinjaman dengan rekam jejak pencairan pinjaman dan daftar global penguji pinjaman di seluruh dunia, di perusahaan peminjaman rossa stanley stabilitas keuangan Anda adalah tujuan kami, kami memberikan pinjaman kepada

    1) Individu
    2) Bekerja sama badan
    3) Perusahaan terbatas.
    4) Pinjaman pribadi.
    5) Pinjaman investasi.
    6) Pinjaman Konstruksi.
    7) Pinjaman Hipotek.
    Hubungi kami sekarang melalui media berikut,

    Email: rossastanleyloancompany@gmail.com
    Direktur Tel: 1 (914) 529-5708
    Whats-app: 1 (914) 529-5708
    Manajer operasi Tel: (1) 2133153118
    Instagram Resmi: rossastanleyloan
    Twitter Resmi: Rossastanlyloan
    Facebook Resmi: Rossa Stanley Favor
    Alamat kantor pusat: 3911 Kenwood Place, Orlando Florida USA.
    Kode pos: 32801
    Terdaftar di bawah pengawasan hukum industri Florida,
    ATAU
    Isi formulir aplikasi di bawah ini dan kami akan segera membalas Anda, Kami tersedia 24 jam setiap hari.

    DATA PEMOHON
    1) Nama Lengkap:
    2) Tanggal lahir:
    3) Alamat:
    4) Nomor jaminan sosial:
    5) Nomor Aplikasi Whats:
    6) Pekerjaan:
    7) Nomor Telepon:
    8) Posisi di tempat kerja:
    9) Penghasilan Bulanan:
    10) Jumlah Pinjaman yang Diperlukan:
    11) Durasi Pinjaman:
    12) Nama Facebook:
    13) Status Perkawinan:
    14) Agama:
    15) Negara:
    16) Jenis Kelamin:
    17) Kecacatan Apa Pun
    18 Sudahkah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya? Jika ya, sebutkan nama perusahaan pinjaman tersebut

    SALAM,
    Favor Mrs.Rossa Stanley
    CEO ROSSASTANLEYLOANCOMPANY
    Email rossastanleyloancompany@gmail.com

    ReplyDelete
  4. Saya ingin memberikan semua kemuliaan kepada Allah SWT untuk apa yang Dia gunakan Bunda Rossa lakukan dalam hidup saya, nama saya Mira Binti Muhammad dari kota bandung di Indonesia, saya seorang janda dengan 2 anak, suami saya meninggal dalam kecelakaan mobil dan sejak saat itu hidup menjadi sangat kejam bagi saya dan keluarga saya dan saya telah berusaha beberapa kali untuk mendapatkan pinjaman dari bank-bank di Indonesia dan saya ditolak dan ditolak karena saya tidak memiliki jaminan dan tidak bisa mendapatkan pinjaman dari bank dan saya Saya sangat sedih. Pada hari yang penuh pengabdian ini ketika saya pergi melalui internet, saya melihat kesaksian Ny. Annisa bekerja tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari Ny. Rossa dan saya menghubunginya untuk bertanya tentang ibu perusahaan pinjaman Rossa dan seberapa benar pinjaman dari ibu Rossa dan dia mengatakan kepada saya itu benar dan saya menghubungi Bunda Rossa dan setelah mengajukan permohonan pinjaman saya dan pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 24 jam saya mendapatkan uang pinjaman saya di rekening bank saya dan ketika saya memeriksa akun saya, uang pinjaman saya masih utuh dan saya Saya sangat senang dan saya telah berjanji bahwa saya akan Saya akan membantu memberikan kesaksian kepada orang lain tentang perusahaan pinjaman ibu rossa, jadi saya ingin menggunakan media ini untuk memberi saran kepada siapa pun yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. Rossa melalui email: rossastanleyloancompany@gmail.com dan Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: mirabintimuhammed@gmail.com untuk informasi serta teman-teman saya Annisa Barkarya melalui email: annisaberkarya@gmail.com

    ReplyDelete

 

΄