Powered by Blogger.

Saturday 20 September 2014

Filled Under:

Syair

Share

Hai, Bloggers! Maaf banget nih ya, jarang aktif karena barusan sibuk dengan Lomba Cipta Seni Siswa Nasional. Walaupun nggak menang sih huhu... Eits kali ini kita bukan ngebahas tentang itu. Nih ya, aku baru dapet tugas tentang membuat syair dari guruku nih. Kali ini kita sama-sama belajar ya. Aku juga kurang tahu, apa itu syair dan cara membuatnya. Check this out!

Syair itu definisinya (kalo menurut aku) sih ya, syair itu seperti sejenis perpaduan antara pantun dan puisi. Yang membedakan syair dengan puisi dan pantun adalah sajaknya dan isinya. Yuk, biar lebih jelas agar kita paham betul tentang Syair :



Syair biasanya ditulis menggunakan Bahasa Melayu. Tapi, boleh juga menggunakan Bahasa Indonesia. Agar lebih jelasnya, akan saya tampilkan contoh Syair.


Nah kalau yang ini sih, Syair karya saya sendiri sebagai pemula yang kurang tahu menahu tentang dunia kepenulisan apalagi syair, Judulnya adalah "Syair Pejuang Tua" ceilah...

Syair Pejuang Tua

Oleh Muhammad Anugrah Utama

Wajahmu menyembunyikan kejayaan
Sepasang mata tua mengimajikan keagungan
Nalar Brilian memberikan kehangatan
Terselip sebuah pesan di balik kesempurnaan

"Teruslah Menatap Rembulan,"
Bisiknya pelan,
Suara gagah itu perlahan lenyap dimakan zaman
Menyisakan segenap kecemasan

0 comments:

Post a Comment

 

΄